SEJARAH

RS DARMO

Pada era pemerintahan Hindia Belanda di Surabaya, sekelompok orang Belanda yang berjiwa sosial, pada tanggal 9 Juni 1897 membentuk perkumpulan bernama Surabayasche Zieken Verpleging (SZV), dipimpin oleh HJ Offerhaus. Perkumpulan tersebut memberikan bantuan pelayanan kesehatan penduduk Jawa Timur khususnya Surabaya dengan mendirikan tempat pelayanan kesehatan lengkap dengan fasilitas dan sarana yang diperlukan, pelayanan kesehatan tersebut ditujukan bagi orang sakit, tanpa membedakan tingkat sosial, agama, ras dan kebangsaan.

Tahun 1899, didirikan Klinik di Jl. Ngemplak dipimpin oleh Zr. Bonnekamp dengan kapasitas 78 TT . kemudian di tahun 1921, Perkumpulan Surabayasche Zieken Verpleging (SZV) membeli sebidang tanah di kawasan Darmo untuk didirikan Rumah Sakit. pada tanggal 15 Januari 1921 peletakan batu pertama oleh SZV yaitu Ny. Hempenius.

Pada pemerintahan Jepang (perang Pasifik), gedung Rumah Sakit digunakan sebagai bengkel untuk memperbaiki dan menyimpan senjata berat serta kendaran perang juga sebagai camp Interniran anak-anak dan wanita. Pada saat itu Zr Belanda sempat menyelamatkan sebagian inventarisasi dan membuka klinik di jalan jawa yang akhirnya harus ditutup juga. Setelah pasukan Sekutu datang ke Surabaya, camp diambil alih oleh Letkol Rendall pada tanggal 27 Oktober 1945 di depan gedung Rumah Sakit Darmo terjadi pertempuran antara tentara sekutu dengan para pemuda Surabaya. Pertempuran tersebut mengawali terjadinya peristiwa 10 November 1945. Gedung Rumah Sakit dijadikan benteng pertahanan oleh pasukan Brigade Jenderal AWS Mallaby. Dengan berakhirnya masa pendudukan jepang , oleh pihak sekutu yang waktu itu secara de facto mengusai kota Surabaya, Rumah Sakit Darmo dikembalikan lagi ke SZV dan di operasionalkan lagi sebagai rumah sakit.

Februari 1950 atas prakarsa beberapa pemimpin perusahaan dagang besar Belanda (± 55 anggota) didirikan Yayasan Stichting Medisch Contact Oost Java (SMC) dengan tujuan membantu membiayai pengelolaan, termasuk biaya pemeliharaan gedung dan fasilitasnya, agar Rumah Sakit Darmo dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan untuk Jawa Timur dalam arti seluas-luasnya. Berkat bantuan "SMC " Rumah Sakit Darmo mengalami kemajuan pesat, berturut-turut dibuka kamar operasi dengan peralatan yang lengkap, ruang anak dan penambahan jumlah tempat tidur. Beberapa dokter spesialis didatangkan dari Belanda seperti Dr.kopp, Dr.Lodewijks ( keduanya dokter ahli bedah ) maka dimulailah era spesialisasi di Rumah Sakit Darmo.

Tahun 1959, dengan memburuknya hubungan antara Belanda dan Indonesia (akibat sengketa irian) maka putuslah hubungan diplomatik kedua negara dan diambil alihlah sejumlah perusahaan Belanda oleh Indonesia, Rumah Sakit Darmo pun mengalami dampaknya, personil rumah sakit yang berasal dari Belanda berangsur-angsur dipulangkan ke negeri Belanda digantikan personil orang Indonesia. Orang Indonesia yang pertama kali duduk dalam perkumpulan RS Darmo adalah Bapak Fajar Notonegoro (alm).

  1. Direktur pertama adalah Prof . DR. Sutan Asin ( alm ) dan Direktur selanjutnya adalah :
  2. Dr, Syaiful Anwar (alm)
  3. dr. Noerjaman, Sp PD (alm)
  4. Prof.Soemarto, Sp PD (alm)
  5. dr. Hadi Hartono, Sp JP
  6. Prof. Dr. Soediono, Sp THT
  7. dr. Imam Soewono, Sp PD (sekarang)

Tanggal 31 Agustus 1994, Pengurus Rumah Sakit Darmo mengganti Perkumpulan Rumah Sakit Darmo menjadi Yayasan Rumah Sakit Darmo. Dengan berjalannya waktu Rumah Sakit Darmo terus mengembangkan pelayanannya memenuhi tuntutan masyarakan terhadap kesehatan. Pada tahun 2004 Kamar bedah sentral (Instalasi Bedah Sentral) diresmikan oleh Gubernur Jatim Bpk. Imam Oetomo, tahun 2005 ruang ICU/ICCU diperluas dengan menambah kapasitas tempat tidur menjadi 12 TT yang awalnya hanya 7 TT.

Pada tahun 2008 Rumah Sakit Darmo dinobatkan sebagai rumah sakit cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya, pada tahun 2010 Instalasi Rawat Jalan di kembangkan menjadi 2 lantai sebagai poliklinik terpadu diresmikan oleh Wali kota Surabaya Bpk Bambang DH, di rawat jalan berbagai pelayanan spesialis dapat dilayani secara terpadu. Tahun 2011 Rumah Sakit Darmo ditetapkan lulus akreditasi 16 pelayanan, dan tahun 2014 Rumah Sakit membuka pelayanan anak secara paripurna melalui Darmo Children Center ( DCC ) yang diresmikan oleh wali kota surabaya Ibu Tri Rismaharini.

Selain tersebut diatas Rumah sakit Darmo memiliki pelayanan rawat inap dengan kapasitas 172 tempat tidur terdiri dari pasien dewasa dan anak – anak. Sebagai pelayanan unggulan rumah sakit Darmo adalah Urologi Center yaitu segala jenis penyakit dan tindakan terkait urologi dapat ditangani di rumah sakit Darmo, dengan menggunakan alat –alat canggih seperti alat GLL ( Green Light Laser ) yaitu alat canggih yang digunakan untuk operasi prostat, alat pemecah batu ginjal dan pelaksanaan transplantasi ginjal, dan pelayanan Hemodialisa. Unggulan lain adalah bidang Endoscopy melalui endoscopy dapat melakukan tindakan pengambilan batu empedu tanpa operasi yaitu dengan tindakan ERCP, begitu juga tindakan operasi dengan teknih laparascopy.

Pada Tahun 2016 Rumah sakit Darmo dinyatakan telah lulus Akreditasi Nasional KARS PERSI 2012 dengan Predikat LULUS PARIPURNA.

VISI RS DARMO

Menjadi rumah sakit pilihan utama di Surabaya

MISI RS DARMO

Memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi dan memuaskan pelanggan
tanpa mengabaikan fungsi sosial

MOTTO

Salus Aegroti Suprema Lex Est
(Menyelamatkan Penderita Adalah Kewajiban Utama)

Kerja Sama
Perusahaan

YAYASAN MASJID ALFALAH
BANK DKI
PT. BAYU BUANA GEMILANG
BANK INDONESIA SURABAYA
PT. INDOOMAS BUANA PERKAS
PT. NAYAKA ERA HUSADA
PERUM LEMBAGA PENYELENGGARA PELAYANAN NAVIGASI
RSUD DR. SOETOMO

RS BHAYANGKARA
RS MITRA KELUARGA
RS PREMIER SURABAYA
PT. SEROJA LUKINDO LESTARI
SILOAM HOSPITALS SURABAYA
PT. PP PROYEK APARTEMENT GUNAWANGSA TIDAR
PT. PP PROYEK SWISS BELLHOTEL DARMO CENTRUM
PT. SUPRACO
PT. UNILEVER INDONESIA

Kerja Sama
Asuransi

AVRIST ASSURANCE
AJ. MANULIFE INDONESIA
ACE LIFE ASSURANCE
AIA FINANCIAL
ASURANSI CENTRAL ASIA
AXA FINANCIAL
INSAN DHARMA NUSA / BLUE DOT
LIPPO GENERAL INSURANCE

MAYAPADA LIFE
YAYASAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN BI
YAYASAN KESEJAHTERAAN PEGAWAI BANK JABAR BANTEN
SINAR MAS
PAN PACIFIC INSURANCE
JIWA TUGU MANDIRI
AJ ADISARANA WANAARTHA

Penghargaan

MARKPLUS 2014

Piagam Penghargaan Lomba Pelayanan Rumah Sakit Kelas C.

MARKPLUS 2015

MARKPLUS 2016

Penghargaan PARIPURNA

CAPAIAN INDIKATOR MUTU RUMAH SAKIT DARMO
TAHUN 2016

1. INFEKSI ALIRAN DARAH PRIMER (IADP)

2. CATHETER ASSOCIATED URINARY TRACT INFECTION (CA-UTI)

3. INFEKSI LUKA OPERASI (ILO)

4. PHLEBITIS

Testimonial

Pasien ini mendapatkan kesembuhan dari penyakit Tumor Tulang Panggul setelah dirawat di
RS Darmo Surabaya @Dokumen Pribadi.

Rumah Sakit Darmo adalah memiliki moto sebagai berikut : “Menyelamatkan Penderita adalah Kewajiban Utama” tentunya sebagai prioritas utama adalah bagaimana memberikan sebuah pelayanan yang berorientasi dengan mutu dan keselamatan pasien Terlebih setelah menyandang sebagai rumah sakit yang lulus Akreditasi Paripurna membawa banyak kemajuan . Beberapa waktu yang lalu kami menerima seorang pasien dengan diagnosa tumor di tulang panggul dan tulang duduk .Dan saat ini sudah pada tahap kesembuhan dan beliau ingin berterimaksih kepada rs darmo dan dokter,perawat,radiologi ,gizi  serta petugas yang telah turut membantu dalam proses kesembuhan beliau ,berikut testimoni dari seorang pasien dengan inisial ITB 24 th :

“Pertama kali saya berobat di RS Darmo Surabaya pada tahun 2014,pada saat itu saya menderita Tumor Tulang panggul dan duduk.Pertama kali ditangani dokter bedah tulang dan dokter digestif/pencernaan . Operasi pengangkatan tumor pada bulan April 2015 selama 12 jam dan post operasi dirawat di ruang ICU.Menurut pendapat saya RS Darmo sangat baik dalam pelayanan,jajaran dokter,perawat dan pegawai semuanya sangat ramah dan mendukung dalam proses penyembuhan.Walaupun lokasi rs  agak sulit karena petunjuknya kurang jelas tetapi fasilitas lengkap,mulai kamar perawatan yang bagus,kamar operasi dengan fasilitas lengkap dan modern.Ruang ICU dengan pelayanan baik dan amat perhatian pada pasien,fasilitas fisioterapi dan radiologi yang lumayan lengkap.saya sangat puas dengan pelayanan RS Darmo dan berharap kedepan rumah sakit ini dapat lebih sukses dalam mengobati pasien.

Menurut pendapat saya RS Darmo merupakan salah satu rumah sakit terbaik di surabaya terkait dalam hal pelayanan dan fasilitas .Beruntung mendapatkan bantuan dokter yang tepat dalam membantu proses kesembuhan saya,selain itu para perawat baik di ruangan ,dikamar operasi , petugas radiologi dan terapis fisioterapi yang berpengalaman sangat membantu dalam mempercepat proses kesembuhan saya.Untuk masalah gizi menurut saya makanan yang disajikan pada pasien cukup lengkap dan seimbang,mulai nasi / bubur /bubur sumsum,lauk-pauk yang beragam dan tidak monoton,disertai buah dan sayuran”tulis pasien ini  untuk blog kamaroperasi rs darmo surabaya.

“Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan”.