MAKANAN SEHAT BAGI IBU MENYUSUI

Sebagai Ibu Menyusui salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri dan bayi Anda adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Bagi Ibu Menyusui penting untuk mengetahui bahwa kualitas ASI kurang lebih tetap sama apapun makanan yg dipilih. Yang terbaik adalah memastikan gizi bayi terpenuhi dengan memasukan berbagai makanan sehat selama menyusui.

Apa yang harus dilakukan?
1. Pakailah beraneka ragam bahan makanan.
2. Hindari makanan dengan bumbu merangsang (terlalu : pedas/ panas/ dingin/ kecut) dan beralkohol.
3. Minum cairan yang bergizi. Contoh : susu, dari kacang-kacangan, sari buah-buahan, sari sayuran hijau. Air putih 8-10 gelas per hari.
4. Sayuran hijau seperti: daun katuk, bayam, dan kangkung dapat membantu merangsang produksi ASI.
5. Ikan Salmon kaya DHA yang penting untuk sistem saraf bayi, daging sapi rendah lemak yang kaya zat besi. 3 porsi susu yang kaya protein. Vitamin B, D, serta kalsium untuk pengembangan tulang bayi.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Jangan lupa follow Instagram RS Darmo (@rs_darmo_surabaya) untuk informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan di RS Darmo. Bila Anda punya masalah dengan ASI, ingin berkonsultasi, atau ingin melakukan perawatan payudara silahkan datang di Klinik Laktasi RS Darmo.